Contact Info
0821 - 3909 - 7937 [email protected] Jl. Simp. Grajakan Blk. II No.15, Pandanwangi, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65124
Folow us on social
Technology Tech 5 tips berkarir di industri kreatif
n

5 tips berkarir di industri kreatif

Dalam industri kreatif, aktivitas membuat karya atau konten adalah yang utama. Karakteristiknya yang “industri” mengartikan bahwa kamu akan memproduksi karya terus-menerus hampir setiap hari. Untuk kamu yang sedang berjuang masuk industri kreatif atau yang masih berencana, mungkin kamu akan sesekali merasa kesulitan. Tidak usah khawatir, kami akan memberimu 5 tips yang bisa membantu kamu tetap fokus di apa yang kamu lakukan.

#1 Terus berkarya

Kelihatan sepele, mungkin. Tapi sebenarnya tips ini adalah yang dilakukan semua orang kreatif professional. Seperti seorang ilustrator yang selalu melatih skill menggambarnya. Begitu pun  konten kreator lain yang mendalami bidangnya masing-masing. Terus membuat karya meskipun menurut kita kurang memuaskan.

Hanya dua hal yang perlu kamu jadikan tolak ukur dalam proses ‘terus berkarya’ adalah: apakah kamu menikmatinya? dan apakah kamu mendapat ilmu baru?

#2 Semakin lama kamu berkarya, semakin baik karyamu

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah ini. Tapi ada dua hal yang perlu kamu ingat yaitu persist dan resist.

Sederhananya, persist adalah jangan menyerah. Resist adalah menahan diri dari distraksi. Distraksi sendiri bisa muncul dalam berbagai bentuk tidak hanya video anjing lucu di YouTube. Distraksi bisa muncul dari feedback negatif, like sedikit, atau angka monetisasi yang sedikit. Selalu hindari distraksi tadi agar kamu tetap “persist”.

#3 Lebih baik selesai daripada sempurna

Menyelesaikan proyek lebih baik. Meski banyak opini yang akan datang, bukan berarti sempurna akan lebih baik. Yang menjadi masalah dalam ‘sempurna’ adalah kesempurnaan itu sendiri akan memberi banyak tekanan dalam prosesmu.

kamu lebih baik melakukan hal kecil yang berulang terus-menerus.

#4 Jangan takut gagal

Sebenarnya takut gagal adalah insting alami manusia: mencari kenikmatan dan menjauhi rasa sakit. Kita diajari mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat bahwa gagal adalah suatu hal yang buruk.

Tapi sebenarnya ‘kegagalan’ adalah kesempatan yang menyamar. Semua hal baik di hidup kita kebanyakan dari pelajaran ‘kegagalan’ yang kita lalui selama hidup. Mungkin kamu juga perlu mengubah arti gagal menjadi “kegagalan adalah ongkos kita untuk sukses.”

#5 Berbeda itu baik

Di dunia kreatif, menjadi berbeda adalah sebuah keuntungan. Sama seperti halnya karya seni di bidang apapun. Seni musik, seni rupa, seni tari, seni menulis, dan seni lain mungkin sudah ada jauh sebelum masehi. Namun, selalu ada ide baru dan karya baru yang terkenal setiap saatnya. Yang lebih mengagumkan, semua karya yang terkenal selalu berbeda satu sama lain.

Yang dicari dari orang lain adalah dirimu sendiri. Kepribadian yang kamu sematkan dalam setiap karyamu, itulah yang akan menjadi pembeda.

Jadi jika kamu merasa tidak melakukan progress dan ingin berhenti, mungkin kamu perlu membaca blog ini lagi. Kamu perlu memahami bahwa berkarya membutuhkan waktu; selalu “persist” dan “resist” segala distraksi; sempurna adalah tekanan; tidak takut gagal; dan berbeda adalah sebuah kelebihan. Atau mungkin berhenti jika memang tidak membuatmu bahagia dan tidak memberimu ilmu baru.

Post a Comment